Potensi pengembangan wilayah Kabupaten Malang diarahkan ke pengembangan kawasan (a) Agroekowisata yang berpusat di Kecamatan Poncokusumo dan daerah sekitarnya seperti Wajak, Pakis, Bromo, Jabung, dan Tumpang yang disebut sebagai Kawasan “Poncowismojatu”. Pengembangan diwilayah tersebut diarahkan pada pengembangan potensi pertanian yang diintegrasikan dengan potensi pariwisata. Wisata Gunung Bromo sebagai salah satu destinasi wisata alam andalan Kabupaten Malang, berupaya dikembangkan melalui optimalisasi potensi pada kawasan sekitar seperti pertanian holtikultura yang melimpah, bentang alam dan aktifitas religi dan budaya masyarakat Tengger.

Melihat potensi tersebut Tim Fakultas Peternakan Unikama membuat suatu kegiatan pengabdian multitahun 2018-2021 yang sudah mendapatkan pendanaan dari Direkorat Jenderal Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristekdikti melalui Program Pengembangan Desa Mitra. Tim yang di Ketua oleh Dr. Ir. Waluyo Edi Susanto, M.P. ini mengambil tema “PPDM Desa Sentra Dairy Products di Area Pariwisata Menuju Gunung Bromo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang” dan memilih Desa Kemantren sebagai pusat kegiatan. Pemilihan wilayah ini karena beberapa perimbangan diantaranya karena Desa ini sebagai jalur utama jalan ke Gunung Bromo, Pusat Koperasi Sapi Perah, Banyak masyarakat berkecimpung pada usaha kecil, industri kreatif dan sebagainya.

PSusu afkir tersebut dapat diolah kembali menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi seperti yoghurt, es krim, sabun, krupuk, permen, dodol, stik dan sebagainya. Peneliti dan pengabdi dari Universitas Kanjuruhan Malang juga telah melakukan penelitian dan pengabdian terkait peternakan di Jabung baik produksi dan pemasaran susu. Jabung masih sangat memerlukan bantuan implementasi teknologi dan keterlibatan baik dari Perguruan Tinggi dan Pemerintah dengan Pelaku bisnis serta kelompok Peternak dalam upaya peningkatan perekonomian melalui pembentukan Desa Sentra Dairy Products  untuk menyanggah industri pariwisata di Jabung.

Kadang Sapi Perah

 

Kadang Sapi Perah 

Persipan Kawasan Eco-Edu WIsata

Pengarjin Tapong Khas Malang

 

Gubuk Baca Gang Tato

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *